Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Bartim Ajak Masyarakat Cegah Karhutla

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Januari 2023 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu turut mencegah kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

Ajakan tersebut disampaikannya saat diwawancarai bersama Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela usai apel gelar personel dan sarpras dalam rangka penanggulangan karhutla, Kamis, 26 Januari 2023.

"Karhutla dapat menyebabkan kerusakan alam, kerugian ekonomi yang besar dan gangguan kesehatan akibat kabut asap," ujarnya.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Barito Timur yang telah mengadakan apel gelar personel dan sarpras untuk memastikan kesiapan semua pihak dalam upaya penanggulangan karhutla.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Damkar Gertruida Ery Handrico
mengatakan, personel dan sarana pemadam kebakaran milik BPBD Damkar Barito Timur sudah siap untuk penanganan karhutla.

"Dari sisi pencegahan kami juga sudah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyampaikan sosialisasi pencegahan karhutla kepada masyarakat," ungkapnya.

Dia menambahkan, informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memberikan gambaran bahwa pada tahun 2023 sifat musim kemarau yang akan datang berupa kemarau kering.

"Ini yang perlu kita antisipasi karena dengan kemarau kering potensi karhutla lebih besar," ujar Gertruida.

Apel gelar personel dan sarpras di Halaman Mapolres Barito Timur diikuti oleh personel TNI, Polri, BPBD Damkar, relawan dan petugas pemadam kebakaran milik perusahaan. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru