Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Stunting di Kapuas Turun Menjadi 20,1 Persen

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Januari 2023 - 20:21 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Angka stunting di Kabupaten Kapuas turun menjadi 20,1 persen, dari sebelumnya berada di angka 25 persen.

Hal itu terungkap saat Rapat Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kapuas yang dipimpin Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat didampingi Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, bertempat di Aula Bappelitbangda Kapuas, Kamis, 26 Januari 2023.

Plt Kepala Dinas P3APPKB Kapuas, dr Tri Setyautami selaku Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kapuas mengatakan dalam rapat disampaikan rilis dari pemerintah pusat tentang prevalensi stunting berdasarkan Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022.

"Bersama-sama kita ketahui Kabupaten Kapuas menurut SSGI tahun 2022 berada di angka 20,1 persen. Ini ada penurunan dari tahun sebelumnya yakni 25 persen. Jadi, pengurangannya sebesar 4,9 persen," kata dr Tri 

Rapat yang dipimpin langsung Bupati Kapuas ini juga sebagai evaluasi atas apa yang sudah dilaksanakan bersama-sama di 2022.

"Jadi, Pak Bupati dalam hal ini sebagai pengarah, pembina, dan penangunggjawab dari Tim Percepatan Penurunan Stunting mengadakan rapat untuk mengevaluasi aspek apa saja, dari faktor determinan spesifik maupun sensitif itu yang masih perlu kita tingkatkan lagi agar nanti angka prevalensi stunting bisa kita turunkan," jelasnya.

Dia juga menyebutkan target nasional di 2024 nanti sesuai harapan Presiden itu untuk angka stunting berada di 14 persen.

"Ttapi, kalau bapak bupati kita menginginkan yang lebih besar lagi, yakni di bawah 10 persen untuk Kapuas," ucapnya.

Dalam rapat ini nampak dihadiri Dandim 1011 Kuala Kapuas, Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto, Sekda Kapuas Septedy, dari BPS, para kepala OPD terkait, para camat, perguruan tinggi, dan tenaga kesehatan maupun penyuluh KB. (DODI RIZKIANSYAH/R)

Berita Terbaru