Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Sukamara: Adat Budaya Sukamara Potensi Besar

  • Oleh Norhasanah
  • 26 Januari 2023 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara Ahmadi mengatakan bahwa adat dan budaya di Bumi Gawi Barinjam dapat menjadi potensi besar, karena dapat menarik minat untuk wisatawan berkunjung ke Kabupaten Sukamara.

"Kabupaten Sukamara memiliki adat dan budaya tersendiri harus bisa dilestarikan, bahkan dengan keanekaragaman tersebut menjadi potensi yang besar," kata Ahmadi pada Diskusi Publik 4 Abad Sukamara Kota Bandar, Kamis, 26 Januari 2023.

"Apabila adat dan budaya ini dapat dilestarikan dan dikelola dengan baik, maka bisa dijual atau bisa menjadi daya tarik untuk orang datang dan berkunjung," tambahnya.

Dia berharap, dengan adanya diskusi publik tersebut dapat memberikan masukan, terlebih saat ini telah adanya dukungan sarana dan prasarana yang ada, sehingga upaya melestarikan budaya dan sejarah Kabupaten Sukamara bisa semakin maksimal.

"Kita sudah siapkan fasilitas yang ada, kedepan apa yang menjadi ciri khas serta peninggalan sejarah adat dan budaya Sukamara ini bisa disimpan dan dilestarikan," ucap Ahmadi.

Sementara Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Sukamara, Chairuddin mengatakan bersyukur karena memiliki SDM yang unggul dalam melestarikan budaya Kabupaten Sukamara salah satunya dengan membuat buku selayang pandang.

"Melalui forum ini maka diharapkan semua pihak nantinya bisa mengetahui serta memberikan masukan sesuai dengan apa yang ada agar sejarah Kabupaten Sukamara ini bisa diletarikan dan para guru bisa memberikan pengetahuan ini kepada siswa," tukas Chairuddin. (NORHASANAH/J)

Berita Terbaru