Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Membuka Keterisolasian, DPRD Kotim Usul Pembangunan Jalan Menuju Desa Pondok Damar

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 27 Januari 2023 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur Rudianur mengusulkan pembangunan jalan Pondok Damar menuju Bagendang demi membuka keterisolasian antardesa tersebut. 

"Pembangunan jalan menuju Pondok Damar mengurangi keterisolasian. Ada tiga dusun terisolasi. Bahkan di sana belum ada listrik. Salah satunya Dusun Rongkang," ujarnya, Kamis, 26 Januari 2023.

Masyarakat Dusun Rongkang bahkan harus memutar jalan 30 hingga 40 kilometer untuk menuju pemerintah desa. Rudianur berpendapat, apabila pembangunan jalan itu terlaksana akan memperkecil jarak tempuh menjadi 2 kilometer.

Saat ini jalan dari Pondok Damar menuju akses Kecamatan Mentaya Hilir Utara harus memutar dengan jarak tempuh kurang lebih 90 kilometer. Usulan pembangunan jalan oleh Legislator Dapil III dianggap mampu memperkecil jarak. 

"Apabila terealisasi nanti masyarakat tidak perlu memutar jalan lagi. Pondok Damar menuju akses Pemerintahan Kecamatan Mentaya Hilir Utara menjadi 57 kilometer," ujarnya. 

Rudianur menambahkan, ada beberapa perusahaan yang masuk memanfaatkan jalan itu nantinya. Dari beberapa perusahaan tersebut hanya satu yang belum menyetujui pembangunan jalan tersebut. Namun ia yakin dengan koordinasi yang baik semua pihak akan setuju, mengingat banyak hal positif apabila pembangunan terlaksana. 

"Ini salah satu penghambat banjir Desa Sumber Makmur jika jalan dibangun," demikian Rudianur. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru