Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Binaan PT. TSA Gelar Panen Raya Program Perikanan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 26 Januari 2023 - 21:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah menunggu hampir lebih 6 bulan lamanya, saat ini warga Desa Nanuah dari kelompok Perikanan Mandiri sudah bisa memanen ikan patin di keramba yang nerupakan bagian dari program pemberdayaan ekonomi perikanan mandiri.

Panen ikan yang digelar Kamis, 26 Januari 2023, tersebut merupakan program yang diinisiasi oleh Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Tanjung Sawit Abadi (TSA) perusahaan yang menjadi bagian dari Citra Borneo Indah (CBI) Group tahun 2022 bersama masyarakat yang tergabung dalam kelompok perikanan Mandiri, Desa Nanuah Kecamatan Menthobi Raya, Kabupaten Lamandau.

Panen raya ini dihadirin juga oleh Camat Menthobi Raya Koko Hadiyatmoko, Kepala Desa Nanuah Sandra Wahyudi, Ketua BPD Nanuah, tokoh masyarakat, kelompok perikanan dan pihak dari perusahaan PT TSA. 

Asisten Manager Comdev PT. TSA, Abdur Rohman menjelaskan dukungan pihaknya terhadap program perikanan ini merupakan hasil sosial mapping yang dilakukan oleh tim CSR PT TSA di desa Nanuah.

"Karena kami melihat bahwa masyarakat dasa ini memiliki kemampuan dalam bidang perikanan dan perkebunan. Sehingga perusahaan melalui departemen CSR berinisiatif untuk bersama sama melaksanakan kegiatan pemberdayaan perikanan di desa tersebut," jelas Abdur Rohman.

Menurut Abdur Rohman, dalam program perikanan ini, Perusahaan memberikan bantuan bibit ikan patin sebanyak 6.000 bibit dan pakan selama 6 bulan serta infrastruktur kerambah seperti jaring, drum dan kayu yang digunakan untuk penunjang kegiatan.

"Program seperti ini juga diberikan kepada desa desa sekitar perusahaan yang memiliki kompetensi dibidang perikanan lainnya, seperti di Desa Nanga Koring, Desa Pedongatan dan dusun Suayap. Program Ini merupakan bentuk dari kepedulian perusahaan untuk bersama sama dengan masyarakat dalam meningkatkan  taraf ekonomi masyarakat yang berada disekitar operasional Perusahaan," jelas Abdur Rohman.

Abdur Rohman menjelaskan, bantuan pihaknya tidak hanya sampai ini saja, lantaran pihaknya juga membantu mencari marketnya agar masyarakat dapat merasakan hasil panen ikannya secara cepat.

"Dengan memanfaatkan sungai di desa program ini bisa berjalan dengan lancar hingga saat ini, pada panen raya ini kelompok dapat menghasilkan  sebanyak 1.181 kilogram. Sekedar diketahui dukungan perusahaan pada masyarakat bukan hanya ini saja. Karena masyarakat sekitar perusahaan  yang keahliannya di bidang perkebunan rata rata masyarakat bekerja di ladang milik pribadi dan menjadi karyawan PT. TSA yang terletak tidak jauh dari desa tersebut," jelas Abdur Rohman.

Camat Menthobi Raya Koko Hadiyatmoko mengapresiasi positif dukungan PT. TSA pada warga setempat.

Berita Terbaru