Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkuat SDM Aparatur Pengadaan Barang dan Jasa di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 27 Januari 2023 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau, Hendra Lesmana meminta pelaksanaan pengadaan barang/jasa (PBJ) pemerintah yang baik akan diperoleh sejalan dengan kemampuan manajerial dan teknis para personel yang berperan di dalamnya.

“Kebijakan PBJ pemerintah juga diarahkan pada penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) PBJ itu sendiri,” kata Bupati Hendra saat memimpin Rapat Koordinasi dengan pimpinan SOPD, Jumat, 27 Januari 2023.

Dia menyebut kemampuan SDM pengelola PBJ harus mumpuni, mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, hingga serah terima hasil.

Pengelola PBJ harus mengidentifikasi apa yang menjadi kebutuhan, siapa, kapan, mengapa, di mana, dan bagaimana cara melaksanakannya.

Saat ini pelaksanaan persiapan proses pemilihan PBJ sebagian besar sedang dipersiapkan, meski beberapa waktu lalu terdapat pula beberapa paket pekerjaan yang telah juga dilaksanakan penandatanganan kontraknya.

“Ke depannya saya mengharapkan kegiatan seperti ini juga dapat dimulai di triwulan IV, mengingat proses identifikasi kebutuhan dalam penyusunan RKA (rencana kerja dan anggaran) seharusnya sudah dilakukan, yang merupakan rangkaian awal proses PBJ itu sendiri,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lamandau, Abisua mengatakan, rapat koordinasi tersebut digelar bertujuan untuk melakukan evaluasi, serta melakukan pembaharuan pengetahuan aparatur terkait ketentuan PBJ pemerintah.

“Kami berharap seluruh instansi di lingkup Pemkab Lamandau dapat memacu serapan anggaran dan melaksanakan pembangunan dengan optimal,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/R)

Berita Terbaru