Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pejabat Pemda Katingan Dapat Pelatihan Susun Renstra SKPD

  • 24 Februari 2016 - 13:41 WIB

Puluhan pejabat di Kabupaten Katingan seperti dari eselon III setingkat sekretaris dan eselon IV dilatih menyusun rencana strategis (Renstra) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Aula Bappeda setempat, Rabu (24/2).

Menurut Wakil Bupati Sakariyas yang mewakili Bupati Ahmad Yantenglie, pada 2016 ini ada perubahan RPJMD Kabupaten Katingan tahun 2013-2018.

Seiring hal itu, maka Renstra SKPD perlu dikaji kembali guna dilakukan penyempurnaan atau perubahan mengikuti RPJMD yang akan dilakukan perubahan.

Terkait hal ini orang nomor dua di Katingan ini mengimbau kepada SKPD agar lebih cermat dan teliti dalam menetapkan indikator kinerja dan target kerja, sehingga apa yang tertuang dalam dokumen perencanaan dapat dicapai sesuai yang diharapkan.

Menurutnya jika tujuan dari Bimtek evaluasi dan penyusunan renstra SKPD ini untuk meningkatkan pemahaman tentang penyusunan, pengendalian dan evaluasi renstra SKPD terutama sebagai wahana memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada ASN SKPD dan pejabat lainnya.

"Terutama yang menangani evaluasi dan penyusunan renstra di setiap SKPD," ujar Wabup Sakariyas. 

Melalui kegiatan ini, Sakariyas berharap proses evaluasi dan penyusunan renstra SKPD dapat berjalan efisien, efektif dan komprehensif dengan tata kelola yang baik. Kemudian menjadi pedoman dalam pengembangan dan peningkatan kinerja SKPD sesuai kewenangan, tugas pokok dan fungsi setiap SKPD.

Sehingga kualitas penyusunan dokumen perencanaan dapat terarah dan menjadi satu kesatuan dengan RPJPD, RPJMD, Renstra, Renja, RKPD, KUA-PPAS, RKA, DPA dan APBD.

"Saya berharap dengan kegiatan ini akan menambah pengetahuan para sekretaris dinas atau badan, saudara camat, dan kasubag perencanaan lingkup SKPD Pemkab Katingan yang diberi tugas mengevaluasi dan menyusun renstra tersebut," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/m)

Wakil Bupati Sakariyas saat memberikan sambutan terkait bimtek evaluasi dan penyusunan renstra SKPD di Aula Bappeda kemarin. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru