Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Aktifkan Posyandu Turunkan Pravelensi Stunting

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Januari 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara dalam menurunkan pravelensi stunting adalah dengan mengaktifkan posyandu-posyandu yang ada di Bumi Gawi Barinjam.

"Kemudian pengaktifan posyandu yang mulanya kita berada di nol persen berdasarkan data, tetapi kita perbaiki sekarang keaktifan posyandu itu sudah 80 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara, Ari Junita, Sabtu, 28 Januari 2023.

Menurutnya, keaktifan posyandu dalam penurunan angka pravelensi stunting cukup besar, mengingat melalui pos pelayanan terpadu juga sangat membantu dalam menghasilkan data-data stunting.

"Ini juga penyumbang penurunan pravelensi stunting cukup besar," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan bahwa peran posyandu sangatlah besar, karena dapat sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat.

"Dan mengajak masyarakat agar mau melaksanakan prilaku hidup sehat dan bersih, sehingga peran kader posyandu ini memang penting," tuturnya. 

Windu melanjutkan, tantangan kegiatan dalam upaya mencapai tujuan menjadikan posyandu sebagai wanaha partisipasi masyarakat yang mandiri tidak mudah, terlebih dikatikan juga dengan peningkatan kesejahteraan keluarga. (NORHASANAH/J)

Berita Terbaru