Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Laksanakan Program Dapur Dahsyat Perbaiki Gizi Anak Stunting

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Januari 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara melaksanakan program Dapur Dahsyat dalam upaya melakukan perbaikan gizi terhadap anak-anak yang tercatat stunting. Program tersebut juga sebagai upaya dalam rangka penurunan angka pravelensi stunging di Bumi Gawi Barinjam.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara, Ari Junita mengatakan bahwa untuk program Dapur Dahsyat saat ini sudah dilakukan percontohan oleh dua desa yang diwilayah tersebut ada kasus stunting.

"Sudah dicontohkan untuk Dapur Dahsyat, ada dua desa di Kecamatan Pantai Lunci yang dicontohkan dan menjalankan Dapur Dahsyat ini," kata Ari Junita, Sabtu, 28 Januari 2023.

Menurut dia, melalui Dapur Dahsyat maka pola gizi yang diberikan kepada anak-anak stunting, sehingga semuanya dapat terpantau dengan harapan agar gizi anak-anak tersebut segera ada perbaikan.

"Jadi ini terpantau, dalam penanganan stunting pola gizinya akan diatur setiap hari, progresnya akan terbaca 3 bulan, 6 bulan akan seperti apa," ujarnya.

Ari menambahkan, program Dapur Dahsyat tersebut adalah salah satu langkah yang mereka dakukan dalam upaya percepatan penanganan stunting di Kabupaten Sukamara yang saat ini angka pravelensinya telah mengalami penurunan di tahun 2022.

"Dapur Dahsyat sebagaimana yang sudah kita sampaikan ada 292 kasus, ini betul-betul kita tangani, kita perbaikan gizinya," pungkas Ari Junita. 

Diketahui pravelensi stunting Kabupaten Sukamara berdasarkan data BPGM pada 2021 sebesar 18 persen dan tahun 2022 turun menjadi 14 persen. Sementara untuk data SSGI 24,6 persen menjadi 21,8 persen. (NORHASANAH/Y)

Berita Terbaru