Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Balangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Telah UHC, Sukamara Terus Tingkatkan Sarana Prasarana Kesehatan

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Januari 2023 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dengan telah Universal Health Coverage (UHC)-nya Kabupaten Sukamara, pemerintah daerah juga terus melakukan peningkatan terhadap sarana prasarana kesehatan yang ada.

"Seperti yang kita ketahui, Sukamara ini sudah Universal Health Coverage ada di 96 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara, Ari Junita, Sabtu, 28 Januari 2023.

Menurut dia, Universal Health Coverage bukan berarti hanya memberikan jaminan kesehatan saja kepada masyarakat, namun juga akses untuk masyarakat agar bisa mendapatkan jaminan tersebut.

"Salah satunya adalah berupa penyediaan ambulan. Dimana ambulan ini kami sediakan disetiap paskes agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Ari.

Ari menurutkan bahwa di seluruh pusat kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Sukamara saat ini telah memiliki ambulan, sehingga setiap adanya masalah urgent yang mengharuskan pasien untuk dirujuk kerumah sakit bisa lebih mudah. 

"Perlu kami sampaikan bahwa dilima puskesmas kita semua sudah tersedia puslingnya dan juga ambulan," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk tahun 2022, Kabupaten Sukamara menerima 3 ambulan yang nantinya untuk Puskesmas Balai Riam dan Puskesmas Permata Kecubung. Kemudian, satu ambulan PSC atau Public Safety Center nantinya di pusatkan di Dinas Kesehatan agar pihaknya bisa bergerak cepat untuk memberikan pelayanan kesehatan. (NORHASANAH/Y)

Berita Terbaru