Olahraga Kuntau Perlu Dilestarikan

  • 24 Februari 2016 - 14:08 WIB

Olahraga bela diri tradisional seperti kuntau perlu dikembangkan dan dilestarikan.  Olahraga ini merupakan warisan budaya lokal dari para leluhur yang memiliki nilai historis, terutama  untuk jati diri suatu daerah.

Olahraga silat merupakan olahraga perorangan dan merupakan warisan budaya lokal yang harus terus dikembangkan serta dilestarikan, kata Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Barito Selatan (Barsel) Yangsi Hartini kepada Borneonews, Rabu (24/2/2016).

Ia berharap, agar olahraga bela diri di Barsel bisa maju dan terus berkembang serta mampu mengharumkan nama daerah. Untuk itu, semua perguruan yang ada dikemas secara profesional termasuk pelatih, wasit hingga dewan juri.

Kita mengakui IPSI Barsel selama ini lama vakum. Namun dengan kepengurusan yang sekarang diharapkan pencak silat Barsel bisa mau dan terus dan berkembang, ujarnya.

Bupati Barsel HM Farid Yusran mengapresiasi positif terkait program kerja IPSI Barsel yang juga berada di bawah naungan induk organisasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Barito Selatan tersebut.

Kita sangat mendukung sekali keberadaan IPSI Barsel dengan program kerjanya ini. Apalagi olahraga silat merupakan budaya lokal yang tidak boleh mati, tetapi terus dilestarikan, ucapnya. (URIUTU DJAPER/m)

Berita Terbaru