Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akibat LSD, Pasokan Sapi Diperkirakan Masuk Kalteng Pertengahan Februari

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Januari 2023 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Rumah Potong Hewan atau UPTD RPH, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, drh Ganjar Priyatno mengatakan bahwa akibat penyakit kulit LSD pada hewan ternak, pasokan sapi diperkirakan baru akan masuk ke Palangka Raya pada pertengahan Februari 2023 mendatang.

"Sejak sebelum Natal 2022 sampai sekarang kita tidak bisa menerima pasokan sapi dari luar Kalimantan Tengah seperti Jawa Timur maupun Sulawesi. Perkiraan kita baru akan dapat pasokan pada pertengahan Februari nanti," kata drh Ganjar kepada Borneonews pada Sabtu, 28 Januari 2023.

Menurut drh Ganjar, hal ini terjadi berawal dari adanya gelombang tinggi pada Desember 2022, dilanjutkan dengan munculnya penyakit baru yakni LSD sejak akhir Desember lalu.

"Kita selama ini mendatangkan ternak seperti sapi, kambing, domba, dan kerbau dari Jawa Tengah, sementara di sana adalah daerah yang sudah terjangkit penyakit LSD, yaitu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus," terangnya. 

"Salah satu aturan dalam lalu lintas hewan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ialah dilakukannya vaksinasi LSD kepada hewan ternak dan wajib mendapat pemantauan di bawah pengawasan dokter hewan berwenang setempat selama 28 hari," tambahnya.

Sementara itu, ternak yang akan didatangkan ke Kalteng dari Jawa Timur baru divaksin LSD pada pertengahan Januari ini, sehingga baru akan dikirim pada pertengahan Februari nanti.

"Jadi selama ini kita hanya mengkonsumsi sapi yang didatangkan lewat jalur darat seperti dari Pulang Pisau, Kapuas atau Banjarmasin," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru