Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

OJK Sebut Belum Ada Aduan Masyarakat Kalteng Terkait Penipuan Sniffing

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Januari 2023 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy mengatakan bahwa belum ada pengaduan yang masuk kepada pihaknya terkait masyarakat Provinsi Kalteng yang menjadi korban penipuan Sniffing.

"Sejak munculnya modus penipuan baru yang berkedok kurir paket ini, di Kalimantan Tengah masih belum ada masyarakat yang melakukan pengaduan terkait dengan Modus penipuan sniffing ke OJK Kalimantan Tengah," kata Otto pada Sabtu, 28 Januari 2023.

Otto menjelaskan bahwa salah satu tindak kejahatan sektor jasa keuangan yang saat ini marak seiring kemajuan teknologi dan tingginya penggunaan internet adalah metode "sniffing".

"Modus penipuan sniffing adalah tindakan kejahatan penyadapan oleh hacker yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet dengan tujuan utama untuk mencuri data dan informasi penting seperti username dan password, m-banking, informasi kartu kredit, password email dan data penting lainnya," jelas Otto.

Selanjutnya agar terhindar dari modus Penipuan Sniffing, Otto mengharapkan agar masyarakat dapat mengetahui dan mengenali cirinya.
"Pelaku biasanya berpura-pura menjadi kurir paket, undangan pernikahan atau hal lainnya dan memberikan informasi palsu melalui pesan WhatsApp," terang Otto.

Pelaku kemudian menurutnya membuat tampilan aplikasi dalam bentuk file dengan memanipulasi memberikan nama "foto" atau "undangan" untuk dibuka, yang ternyata file tersebut adalah APK atau aplikasi berbahaya.

"Nah jika masyarakat mengunduh file APK atau aplikasi yang dikirimkan pelaku ini maka pelaku akan dapat melakukan sniffing mengambil data dan informasi di ponsel korban secara illegal yang digunakan untuk mengambil alih dan menguras rekening korban," terangnya.

Karena itu, Otto mengimbau seluruh masyarakat khususnya di wilayah Kalimantan Tengah diharapkan untuk berhati-hati dan waspada terhadap segala bentuk penipuan melalui SMS, WA, dan telepon. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru