Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala DPMD Kapuas: Kecamatan akan Bentuk Tim Terkait Proses Dana Desa dan ADD

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 Januari 2023 - 14:21 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan kecamatan akan membentuk tim terkait dengan proses Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Hal itu setelah adanya pelimpahan kewenangan terkait dengan proses atau mekanisme DD dan ADD di tahun ini ke pemerintah kecamatan atau selesai di kecamatan saja.

"Tahun ini semua proses pencairan DD dan ADD selesai di kecamatan, jadi mekanismenya kecamatan akan membentuk tim, ada namanya tim verifikator/verifikasi, tim pembinaan dan pengawasan penggunaan DD dan ADD," kata Budi, Minggu, 29 Januari 2023.

Dalam tim tersebut, di dalamnya juga terdiri dari Sekcam dan dari unsur-unsur seperti babinsa, bhabinkamtibas, kapolsek, dan danramil.

"Nah tim ini akan melakukan evaluasi secara menyeluruh didampingi juga Pendamping Desa dan PLD. 

"Saya akan dorong tahun ini PD dan PLD ini maksimal dalam proses pendampingan pendampingan di desa, sehingga paling tidak desa bisa lebih baik dalam pelaksanaannya," ucapnya.

Sedangkan, lanjut di kini fungsi dari DPMD sendiri akan lebih banyak melakukan pembinaan, pengawasan dan penguatan kapasitas itu yang didorong. 

"Saya yakin camat siap, dan komitmen juga dalam melaksanakan tugas ini dapat maksimal. Perbup terkait regulasi itu sudah kita naikan ke Pemprov untuk dievaluasi, tapi untuk mempercepat prosesnya, sudah kita buat Surat Edaran, jadi surat ini yang dijadikan dasar," jelasnya. (DODI RIZKIANSYAH/R)

Berita Terbaru