Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Minta FKUB Kompak Jaga Keberagaman

  • Oleh Hendri
  • 30 Januari 2023 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin meminta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) selalu menjaga kekompakan untuk melestarikan keberagaman masyarakat Kota Cantik.

Keberadaannya FKUB diharapkan dapat menjadi rumah bersama dan katalisator para tokoh agama dan masyarakat untuk mencegah konflik horizontal yang muncul dan mengemuka di dalam masyarakat, khususnya terkait dengan keagamaan.

"FKUB harus mampu menjaga kedamaian, keamanan, persatuan dan selalu dapat menjauhkan diri dari kepentingan politik sesaat. Tokoh-tokohnya harus menjadi negarawan yang merawat, mengayomi dan menjaga keberagaman," katanya, Senin, 30 Januari 2023.

Dia mengatakan, FKUB mempunyai peran strategis untuk ikut berperan aktif dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama di daerah. FKUB itu mempunyai peran sosialisasi, promosi, advokasi, dan konsultasi dalam menjalani peran dan fungsinya guna merawat kerukunan antar umat beragama.

"FKUB harus memberikan pemahaman dan pengertian tentang bagaimana pentingnya cinta damai, saling menghormati dan menghargai perbedaan satu kelompok dengan yang lainnya, supaya kita tetap aman dan nyaman," tuturnya.

Selain itu, FKUB bersama seluruh elemen untuk tetap waspada serta saling mengingatkan, mengingat akhir-akhir ini ada kasus yang sengaja ingin menciptakan resistensi konflik, utamanya terkait kerukunan antar umat beragama dengan mengajarkan paham-paham intoleran dan radikal. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru