Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Kobar Kunjungi Kabupaten Lombok Tengah Pelajari Pembangunan Jangka Panjang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 Januari 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Demi mempelajari tentang perencanaan pembangunan jangka panjang, rombongan Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), ikuti kegiatan Orientasi Perencanaan Pembangunan Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2024, di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Rombongan yang terdiri dari  Pj Bupati Kobar Anang Dirjo, Ketua DPRD Kobar Muhammad Rusdi Gozali, Plt Bappedalitbang Juni Gultom, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Akhmad Yadi, Asisten Administrasi Umum Syahrudin dan beberapa kepala OPD terkait, mengikuti kegiatan selama 3 hari sejak 25 - 27 Januari 2023.

Rombongan tersebut, diterima oleh Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, Sekda Lalu Firman Wijaya didampingi beberapa kepala OPD terkait.

Dirjo mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Lombok Tengah yang telah menerima dirinya dan jajaran Pemkab Kobar dengan hangat. 

“Tujuan kunjungan kami ke Pemkab Lombok Tengah untuk belajar terkait kiat-kiat yang dilakukan dalam proses perencanaan serta memonotoring target dalam dokumen perencanaan daerah. Khususnya perencanaan jangka menengah dan jangka panjang daerah,” jelas Pj. Bupati, Senin, 30 Januari 2023.

Tujuan kunjungan ini juga dalam rangka menambah wawasan dan pemahaman tentang perencanaan dan pembangunan daerah jangka panjang sebagai bench mark dalam penyusunan rencana pembangunan jangka panjang daerah.

“Kami menyadari perencanaan merupakan sarana untuk mencapai tujuan yang diinginkan suatu daerah, yaitu mewujudkan pembangunan daerah dalam rangka peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja yang luas, terbukanya lapangan berusaha, peningkatan akses dan kualitas pelayanan publik serta meningkatnya daya saing daerah,” jelas Dirjo.

Melalui kunjungan ini juga, dirinya dan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Kotawaringin Barat memiliki persepsi, pemahaman dan pandangan yang sama terhadap arah kebijakan dan prioritas pembangunan.

"Selain belajar mengenai perencanaan dan pembangunan daerah, banyak hal yang dipelajari dalam kunjungan ini. Antara lain pengelolaan BPJS mandiri untuk tokoh masyarakat dan agama, bantuan kepada para anak yatim sampai ke jenjang perguruan tinggi, hingga pola pendanaan pembangunan infrastruktur melalui prosedur pengajuan peminjaman pembiayaan dari pihak ketiga,” jelas Dirjo. (WAHYU KRIDA/H)

Berita Terbaru