Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Terus Berupaya Perbaiki Penyajian Laporan Keuangan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 31 Januari 2023 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengaku pihaknya terus berupaya memperbaiki laporan keuangan agar sesuai standar akuntansi pemerintah. 

"Kotim terus berupaya semaksimal mungkin dalam memperbaiki penyajian laporan keuangan sesuai standar akuntansi pemerintahan," ujarnya, Selasa, 31 Januari 2023.

Ia menambahkan, maskh belum sempurnanya aplikasi SIPD dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), mendorong Pemerintah Kabupaten Kotim untuk paralel menggunakan aplikasi dari pihak lain yakni SIMDA Next Generation. Hingga saat ini aplikasi tersebut masih terus melakukan update yang dilakukan oleh BPK Pusat untuk pemenuhan laporan dalam membantu penyusunan laporan keuangan Pemerintah Daerah. 

"Menurut BPK RI apapun aplikasi sepanjang relevan dan bisa menunjukkan pertanggung jawaban dengan benar itu bisa digunakan," ujarnya. 

Tantangan kedepan, semakin kompleksnya pelaporan keuangan yang harus dilakukan secara cepat dan tepat pemerintah daerah menerlukan aplikasi yang terintegrasi dari perencanaan hingga laporan.

Bupati juga menuturkan, perlu Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik untuk mengelola laporan keuangan daerah. 

"Pemerintah Daerah juga memerlukan yang cukup khususnya pendidikan Akuntansi," pungkasnya. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru