Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Tunggu Sakit, Bupati Kotim Imbau Masyarakat Manfaatkan Fasilitas Kesehatan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 01 Februari 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor terus mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan.

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan fasilitas kesehatan dengan sebaik-baiknya. Jangan menunggu sakit, baru cek kesehatan," ujarnya, Rabu, 1 Febaruai 2023.

Ia meminta masyarakat untuk melakukan cek kesehatan setiap tahun, agar penyakit segera diketahui sedini mungkin. Dengan demikian penyakit yang diderita segera mendapat penanganan sehingga dapat disembuhkan dan tidak menjadi parah.

Ia menambahkan, keberadaan Puskesmas dan jejaringnya termasuk Posyandu Lansia, Posbindu PTM dan Posyandu Remaja diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Di samping itu, setiap ibu hamil diwajibkan memeriksa kehamilannya minimal 6 kali selama hamil dan pastikan melahirkan di fasilitas kesehatan, agar dapat ditangani dengan baik, dan jika terjadi permasalahan baik ibunya atau bayinya dapat segera ditangani.

Imbauan ini bukanlah tanpa alasan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim telah mendapatkan predikat universal health coverage (UHC) atau jaminan akses pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Artinya, seluruh masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah

"Ini seluruh masyarakat kabupaten Kotawaringin Timur bisa mendapatkan pelayanan kesehatan hanya dengan menunjukkan KTP atau nomor induk kependudukan (NIK) kabupaten kotawaringin timur di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, tentunya dengan ketentuan yang berlaku," pungkasnya. (DEWI PATMALASARI/J)

Berita Terbaru