Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Minta Masyarakat Segera Miliki KTP Permudah Akses Kesehatan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 01 Februari 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor meminta masyarakat yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) agar segera mengurus KTP.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Kotim agar memiliki KTP. Saya meminta Kepala desa dan tokoh masyarakat agar menyampaikan informasi ini kepada masyarakat," ujarnya, Rabu, 1 Februari 2023.

Hal ini ia sampaikan mengingat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Masyarakat Kotim dapat mengakses fasilitas kesehatan tanpa harus menggunakan kartu BPJS, cukup dengan menunjukkan KTP dengan syarat tertentu. 

"Jangan sampai mereka nantinya tidak mendapatkan pelayanan kesehatan dikarenakan tidak mempunyai KTP, padahal mereka memang lahir dan hidup di Kotawaringin Timur," ujarnya.

Sebelumnya warga mengeluhkan kosongnya blanko E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotim. Namun dikabarkan oleh Kepala Dinas Disdukcapil Agus Tripurna Tangkasiang, saat ini telah tersedia 10 ribu blanko E-KTP untuk masyarakat tersedia di Kantor Disdukcapil dan Mal Pelayanan Publik Kotim. Bahkan Bupati menekankan disamping jatah dari pusat, Pemkab Kotim akan menganggarkan pengadaan 30 ribu blanko E-KTP.

Ia juga mengintruksikan Disdukcapil untuk jemput bola demi mempercepat kepemilikan KTP masyarakat. 

"Saya sudah mengintruksikan Disdukcapil untuk dilakukan validasi data kita jemput bola di desa-desa agar masyaratkat mempunyai KTP

Jangan sampai warga kita tidak mempunyai KTP atau KK agar mudah berobat dimanapun," kata Bupati. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru