Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini yang Harus Dilakukan Jika Dapati Ternak Diduga LSD di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 01 Februari 2023 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sejauh ini belum ditemukan kasus LSD atau penyakit kulit yang disebabkan oleh virus pada ternak sapi dan kerbau di Palangka Raya. Meski demikian, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya mengingatkan para pengusaha sapi dan kerbau untuk melakukan hal-hal ini jika mendapati ternak yang diduga terjangkit LSD.

"Kalau ada dugaan sapi atau kerbau yang terjangkit LSD kami minta para pengusaha yang mendatangkan sapi atau bahkan peternak itu melapor ke Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan Kota Palangka Raya," kata Kepala UPT Puskeswan Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono kepada Borneonews pada Rabu, 1 Februari 2023.

Menurut drh Eko, Puskeswan akan menanggapi laporan masyarakat dengan mendatangi dan memberikan pengobatan yang tepat, bahkan memberikan vaksinasi.

"Sekarang kita sudah pesan vaksin LSD kepada farmasi tetapi memang belum ada karena lebih diutamakan untuk daerah yang sudah ada kasus bahkan yang sudah parah kasus LSD seperti Jawa Tengah," bener drh Eko lagi.

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI Provinsi Kalimantan Tengah ini mengatakan bahwa selain vaksin, penanganan sesuai gejala yang muncul pada hewan ternak juga akan dilakukan oleh dokter hewan.

"Jadi misalnya demam akan diberikan penurun demam, atau diberikan antibiotik agar luka cacarnya lekas sembuh. Jadi penangan-penanganan seperti ini yang akan mempercepat penyembuhan pada penyakit LSD," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/J)


TAGS:

Berita Terbaru