Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Minta Pemda Pantau Penyaluran Bantuan

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Februari 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Evi Kahayanti meminta kepada pemda baik provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait supaya dapat memantau penyaluran bantuan dari pemerintah agar tepat sasaran.

Dia mengungkapkan, selama ini ketika ada bantuan dari pemerintah untuk warga kurang mampu, dan saat sampai pada tingkat paling bawah seperti RT/RW kerap salah sasaran, sehingga hal ini penting untuk dipantau supaya yang benar-benar menerima bantuan yakni warga kurang mampu.

"Jangan sampai kurang pantauan baik dari dinas terkait maupun dari kecamatan hingga kelurahan, karena adanya bantuan itu diperuntuhkan untuk warga kurang mampu bukan untuk yang mampu, apalagi kalau sudah sampai tingkat RT itu kerap salah sasaran," ujarnya, Rabu, 1 Februari 2023.

Dikatakannya hal itu bukan tanpa alasan, sebab kerap juga menjadi keluhan masyarakat seperti di wilayah Kabupaten Katingan tepatnya di Desa Samba Bakumpai. Ketika pada saat ada bantuan dan pihak RT setempat mendata warga sering tidak merata, warga kurang mampu banyak yang tidak menerima bantuan pemerintah.

"Saat kita reses disana itu menjadi salah satu aspirasi masyarakat. Informasinya pada saat ada bantuan dari pemerintah itu kerap salah sasaran karena pendataannya tidak merata, warga kurang mampu yang benar-benar berhak justru tidak menerima bantuan, jadi masyarakat merada tidak adil," tuturnya.


Oleh karena itu, atas persoalan yang kerap terjadi seperti hal tersebut penting bagi pemda untuk memantau penyaluran bantuan pemerintah ketika itu diprogramkan baik pada tingkat kecamatan, kelurahan hingga RT/RW agar tidak ada lagi warga kurang mampu yang tidak menerima bantuan.

"Perhatian pemda terkait persoalan seperti ini perlu ditingkatkan, jangan sampai bantuan diserahkan begitu saja tanpa adanya pemantauan, karena pada dasarnya bantuan pemerintah itu diberikan untuk meringankan beban warga yang kurang mampu bukan malah sebaliknya," tukasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru