Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya: ASN Harus Hindari Praktik KKN

  • Oleh Hendri
  • 01 Februari 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin menegaskan para Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menolak atau menghindari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Dia tidak ingin ada ASN yang terlibat dalam persoalan tersebut sehingga merusak citra pemerintah.

"Kemarin sudah tanda tangan pakta integritas, harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan jangan pernah terlibat KKN. Tapi, jadikanlah budaya kerja BerAKHLAK dan bangga melayani bangsa sebagai pedoman dan nilai dasar dalam bekerja, mengabdi, melayani masyarakat, serta memajukan Kota Cantik ini," katanya, Rabu, 1 Februari 2023.

Sebelumnya seluruh kepala Dinas menandatangani pakta integritas ASN dengan janji berperan secara proaktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme seta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela.

Mereka juga menyatakan diri tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dalam dokumen pakta integritas itu, ASN juga dituntut bersikap transparan, jujur, obyektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas. ASN juga harus mampu menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam melaksanakan tugas.

Kemudian memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas kepada sesama pegawai di lingkungan kerja secara konsisten dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru