Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pemda Gencarkan Pembangunan Sarana Air Bersih di Wilayah Pedesaan

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Februari 2023 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Keberadaan sarana dan prasarana air bersih merupakan salah satu hal yang sangat diharapkan ada khususnya di wilayah pedesaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari baik untuk konsumsi, mandi, memasak dan lain-lain.

Di Kalteng sendiri hingga sampai saat ini masih banyak desa yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Oleh karena itu, Anggota DPRD Kalteng, Yulilis mendorong pemda agar dapat mengencarkan pembangunan sarana air bersih utamanya di wilayah pedesaan.

"Sarana dan prasarana air bersih ini penting untuk masyarakat. Hingga saat ini di Kalteng masih banyak desa yang kesulitan mendapatkan air bersih seperti salah satu contohnya di wilayah Kabupaten Barsel, jadi pemda perlu memperhatikan hal ini," ucapnya, Rabu, 1 Februari 2023.

Ia mengungkapkan, di wilayah Kecamatan Dusun Hilir diantaranya, sejumlah desa disana masih ada yang belum memiliki sarana dan prasarana air bersih, sehingga masyarakat kesulitan mendapatkannya, sebab selama ini banyak sungai sudah tercemar atau keruh dan membuat airnya tidak layak dikonsumsi.

"Air bersih ini utamanya yaitu untuk konsumsi masyarakat, sejak dulu masyarakat di DAS Barito mengonsumsi air sungai. Tapi itu sebelum tercemar, airnya masih layak. Nah untuk sekarang sungai banyak tercemar jadi airnya tidak bisa lagi dikonsumsi oleh masyarakat khususnya di pedesaan," ujarnya.

Untuk menyikapi hal tersebut, ada usulan dari masyarakat supaya dapat difasilitasi pembangunan sarana dan prasarana air bersih atu PDAM menggunakan dana desa agar masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari utamanya konsumsi.

"Di kelurahan mangkatip masyarakat mengusulkan hal itu, karena memang disana mendapatkan air bersih masih kesulitan, memang ada sumur tapi ketika pas musim penghujan juga airnya tidak bisa dikonsumsi apalagi air sungai. Jadi harapan kita ini bisa ditindak lanjuti," pungkasnya. (DONNY D/Y)
 

Berita Terbaru