Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Minta SOPD Selesaikan RUP Sebelum Maret 2023

  • Oleh Hendri
  • 01 Februari 2023 - 18:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin meminta seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) menyelesaikan Rencana Umum Pengadaan (RUP) barang dan jasa selesai sebelum Maret 2023.

"Sebelum Maret 2023 harus sudah ditayangkan supaya bisa diketahui publik, minimal di website masing-masing instansi," katanya, Rabu, 1 Februari 2023.

Mengumumkan RUP merupakan salah satu tahapan dalam pengadaan barang/jasa di instansi pemerintah, nilai atau derajat setiap tahapan adalah sama. Apabila salah satu tahapan saja dilanggar maka dianggap melanggar peraturan pengadaan barang/jasa secara keseluruhan.

Momentum kick off PBJ sebelumnya merupakan upaya pihaknya guna sedini mungkin melakukan percepatan kegiatan belanja dan serapan anggaran, sehingga di akhir tahun seluruh kegiatan serta program pemerintah setempat bisa selesai tepat waktu dan berjalan efisien.

Ia menjelaskan ada beberapa aspek penting yang menjadi sasaran dalam kegiatan Kick Off PBJ. Pertama, menindaklanjuti Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Lalu dalam rangka pengembangan kegiatan sektor riil dan sektor ekonomi unggulan dengan mengacu pada satuan wilayah pengembangan. Terakhir, percepatan pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalteng melalui pemerataan pembangunan ekonomi. 

Ia meminta agar seluruh pimpinan SOPD untuk dapat memperhatikan kembali pada setiap tahun anggaran, agar tidak ada keterlambatan dalam proses pelelangan barang maupun jasa.

Setiap kendala, baik teknis maupun non teknis yang telah terjadi pada tahun anggaran lalu, ia tegaskan agar bisa menjadi pembelajaran dan tidak terjadi secara berulang. (HENDRI/H)

Berita Terbaru