Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaku Ekonomi Kreatif Harus Terus Berinovasi di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 02 Februari 2023 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Ekonomi kreatif akan menjadi kebutuhan masa depan. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Lamandau terus meningkatkan kemampuan sumber daya manusia agar mampu menciptakan produk dengan kreativitas bernilai tinggi.

Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto menjelaskan ekonomi kreatif sendiri adalah sebuah konsep industri yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar dengan mengandalkan kemampuan intelektual dan juga kreativitas.

“Kita harus terus berinovasi jika ingin memenangkan persaingan,” ujar Wabup, Rabu, 1 Februari 2023.

Dikatakan Riko, persaingan dagang semakin terbuka lebar, sehingga kita perlu membuat produk lokal lebih menarik dan memiliki daya saing di pasaran. Saat ini E-Commerce atau perdangan daring sudah semakin menggurita.

“Semua yang diperlukan untuk menembus pasar ini harus kita siapkan,” pintanya.

Menurut Riko, Ekonomi kreatif juga bukan hanya tentang produk atau jasa menarik yang ditawarkan, namun juga bagaimana caranya memasarkan secara menarik dan juga masyarakat harus pandai membaca situasi dan kondisi di pasaran.

Ekonomi kreatif ini bersifat dinamis, artinya tidak hanya terpaku pada satu ide atau metode saja. Hal ini memicu lahirnya berbagai inovasi yang bisa berubah-ubah dari waktu ke waktu tergantung dari kondisi pasar.

“Peka terhadap tren yang digemari oleh konsumen menjadi satu skill yang sangat bermanfaat agar inovasi dapat terus tercipta, sehingga pasar lokal tidak menjadi sepi karena kejenuhan pembeli,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/R)


TAGS:

Berita Terbaru