Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manfaatkan Dana Desa untuk Meningkatkan Kapasitas SDM

  • Oleh Donny Damara
  • 02 Februari 2023 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mendorong pemerintah desa agar dapat memanfaatkan dana desa untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di pedesaan.

Pasalnya, menurut srikandi fraksi Partai Gerindra DPRD Kalteng ini penggunaan dana desa yang ada sekarang masih kurang maksimal jika hanya digunakan untuk meningkatkan sarana dan prasarana desa saja, sehingga perlu juga digunakan untuk meningkatkan kapasitas SDM.

"Memang sarana dan prasarana ini penting, tapi jangan sampai melupakan kualitas SDM di desa, karena itu sama pentingnya. Apabila desa banyak memiliki SDM berkualitas maka desa pun akan cepat maju dan berkembang," ucapnya, Kamis, 2 Februari 2023.

Dalam memanfaatkan dana desa untuk meningkatkan kapasitas SDM, pemerintah desa bisa mencanangkan program pelatihan keterampilan yang bertujuan untuk membantu anak-anak putus sekolah di wilayahnya agar bisa mengambil jalur paket C.

Dia mengatakan, penggunaan dana desa yang lebih maksimal maka akan dapat menciptakan desa yang mandiri, dengan begitu kesejahteraan masyarakat pun dapat meningkat. Oleh karenanya hal ini perlu untuk diperhatikan.

"Tentu kita menginginkan SDM berkualitas itu bisa merata, jadi tidak hanya tugas pemerintah saja tapi juga desa. Harapan kita ini bisa diperhatikan dan diterapkan, sehingga desa akan bisa cepat maju dengan adanya SDM yang memadai," tukasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru