Aplikasi Rekapitulasi Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akomodir Aspirasi Masyarakat Melalui Musrenbangcam

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Februari 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati  Barito Timur Ampera mengatakan bahwa musrenbangcam dilaksanakan untuk mengakomodir aspirasi dari masyarakat.

"Hasil dari musrenbangcam nantinya diharapkan dapat mengakomodir sebagian besar usulan masyarakat secara bertahap dan berkesinambungan, yang selanjutnya akan tertuang di dalam Renja (rencana kerja) perangkat daerah tahun 2024," ujarnya.

Ampera menambahkan, untuk usulan musrenbangcam tahun anggaran 2024, seluruh kecamatan akan menginput hasil musyawarah perencanaan pembangunan tingkat desa atau musrenbangdes baik secara online maupun ofline dengan menggunakan aplikasi SIPD.

"Sehingga kedepannya usulan musrenbang desa (musrenbangdes) maupun kecamatan (musrenbangcam) yang tidak terakomodir tidak hilang begitu saja melainkan ada dalam daftar prioritas dan daftar tunggu untuk dilaksanakan tahun berikutnya," jelasnya.

Bupati juga berharap penyelenggaraan musrenbangcam terus diperbaiki sehingga sistem perencanaan pembangunan pada tahun-tahun mendatang lebih baik lagi dengan melibatkan unsur-unsur pengambil kebijakan tingkat kabupaten seperti dinas, badan atau unit satuan kerja serta anggota DPRD Barito Timur sesuai daerah pemilihan masing-masing.

"Hal ini dimaksudkan agar kita dapat mengetahui secara jelas apa yang menjadi prioritas pembangunan sesuai dengan kebutuhan pembangunan untuk masing-masing wilayah desa atau kelurahan dan kecamatan sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan keuangan daerah yang ada," terangnya.

Pembahasan program dan kegiatan pembangunan tahun 2024 yang akan dibahas dalam musrenbangcam, lanjut Ampera, mengacu pada  rencana pembangunan daerah atau RPD Barito Timur tahun 2024-2026.

"Pada tahun 2024 pembangunan Kabupaten Barito Timur berlandaskan pada pelaksanaan, pencapaian dan keberlanjutan pembangunan tahun-tahun sebelumnya," ucapnya.

Berdasarkan hal tersebut, maka tema pembangunan Barito Timur pada Tahun 2024 adalah: "Pengembangan Ekonomi Daerah Melalui Optimalisasi Sumber Daya Lokal Disertai Peningkatan Kualitas Jaringan Infrastruktur dan Sumber Daya Manusia yang Handal".

"Untuk menjawab tema tersebut pada tahun 2024 yang harus dilakukan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), peningkatan Infrastruktur, meningkatkan struktur perekonomian, pengembangan industri berbasis kawasan dan optimalisasi sumber daya lokal," jelas Bupati.

Berita Terbaru