Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Harapkan Stakeholder Bekerja Sama Tanggulangi Karhutla

  • Oleh Norhasanah
  • 03 Februari 2023 - 02:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara harapan seluruh stake holder dapat bekerja sama dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

" Semua stake holder dari TNI, Polri, Manggala Agni, KPHP, Kepala Desa dan seluruhnya termasuk Babinsa, Bhabinkamtibmas  dan perusahaan bekerjasama untuk kita menanggulangi terjadinya karhutla yang ada di Kabupaten Sukamara," ucap Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi pada Rakor Pencegahan Karhutla, Kamis, 2 Februari 2023.

Menurutnya, agar bencana kebakaran dapat diantisipasi, maka semua pihak dapat berkolaborasi dan bahu-membahu mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan yang dapat menimbulkan kabut asap seperti yang terjadi di tahun 2019.

"Sebagaimana telah kita ketahui bersama, bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sukamara hampir setiap tahunnya adalah karhutla, karena karhutla memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat," ujarnya.

Asap akibat karutlas selain mempengaruhi kesehatan masyarakat juga mempengaruhi kualitas lingkungan dan aktivitas ekonomi oleh karenanya, pengendalian kartu kelas sebaiknya berfokus pada upaya pencegahan seperti patroli pencegahan, sosialisasi atau kampanye ke masyarakat dan pihak terkait, pemasangan baliho cegah karhutla hingga pembangunan koordinasi informasi dengan berbagai pihak.

"Dengan kondisi iklim di 2023, kalau ini tidak antisipsi lebih dulu, jangan sampai kita seperti memadamkan api yang tidak terkendali. Sehingga hari ini kita laksanakan rapar koordinasi bersama forkopimda dalam hal penangana karhutla ini," tukas Ahmadi. (NORHASANAH/R)

Berita Terbaru