Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gol Menit Akhir Nufiandani Menangkan Persebaya atas Borneo FC

  • Oleh ANTARA
  • 04 Februari 2023 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Gresik - Persebaya Surabaya menang dramatis saat melawan Borneo FC pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 yang diselenggarakan di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Jumat 3 Februari 2023.

Ahmad Nufiandani menjadi pahlawan kemenangan skuad Bajul Ijo dengan golnya di menit tambahan waktu (menit 90+4), sedangkan dua gol lainnya dicetak Sho Yamamoto menit 80 dan Alta Ballah menit 82.

Sementara, gol dari Borneo FC dicetak oleh Matheus Pato pada menit ke-52 serta Agung Prasetyo menit 84. Sejak peluit babak pertama dibunyikan kedua kesebelasan menampilkan permainan saling serang.

Pada menit pertama Borneo FC mendapat peluang melalui tendangan bebas yang diambil oleh Matheus Pato, tapi tendangannya masih melambung jauh di atas mistar gawang Persebaya yang dijaga Ernando Ari.

Persebaya mendapat peluang pada menit ke-4, pemain asal Portugal Ze Valente membuat kejutan dengan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti, sayang sepakannya bisa ditepis oleh penjaga gawang Angga Saputro dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Tuan rumah kembali mendapat peluang setelah Koko Ari dilanggar Abdul Rachman tak jauh dari kotak penalti klub yang berjuluk Pesut Etam tersebut.

Ze Valente yang mengambil tendangan bebas mengirim umpan cantik ke Sho Yamamoto, namun tandukan kepalanya masih bisa diatasi Angga Saputro.

Tak mau ketinggalan, Borneo FC mendapat peluang yang berawal dari tekel pemain belakang Persebaya Riswan kepada Pato pada menit ke-44.

Tapi tendangan Bustos tidak mampu menggetarkan jala Persebaya Surabaya. Skor bertahan 0-0 hingga turun minum. Pada babak kedua lima menit pertama Persebaya langsung menggempur pertahanan Borneo FC.

Menit 47 Rumere mendapat peluang emas hasil umpan Sho Yamamoto yang tepat. Lalu semenit kemudian tendangan keras Ze Valente mampu ditahan Angga Saputro meskipun sempat terlepas.

Babak kedua baru berjalan enam menit, tendangan kanan pemain Borneo FC Umanailo masih mampu ditepis Ernando

Selang satu menit, Matheus Pato yang dalam delapan laga belum mencetak gol bagi timnya berhasil menjebol gawang Persebaya lewat serangan balik umpan dari Agung Prasetyo.

Tak mau tertinggal, Persebaya menggempur pertahanan Borneo FC, pada menit 75 Rumere mengancam gawang klub asal Samarinda tersebut, tetapi masih bisa ditepis oleh Angga Saputro.

Persebaya berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan Sho Yamamoto pada menit ke-78 yang memanfaatkan bola muntah.

Pada menit ke-81, giliran Alta Ballah mencatatkan namanya di papan skor hasil umpan Rumere.

Tendangan anak dari Legenda Persebaya Antoni Joma Ballah tersebut berbelok setelah membentur pemain belakang Borneo FC yang menyebabkan kiper terkecoh.

Tertinggal 2-1, Borneo FC tak mau tinggal diam. Menit ke-84, tendangan pojok yang diambil Stefano Lilipaly mampu disundul Agung Prasetyo dan membuat skor menjadi imbang 2-2.

Mendapat tambahan waktu lima menit, Persebaya yang disaksikan ribuan suporternya kembali mencetak gol, yang kali ini melalui Ahmad Nufiandani.

Hingga Wasit Sance Lawita meniup peluit panjang, skor tidak berubah 3-2 kemenangan untuk Persebaya.

Kemenangan ini membuat Alwi Slamat dan kawan-kawan meraih poin 34 dari 21 pertandingan dan tetap di peringkat ke-7 klasemen sementara, sedangkan Borneo FC di peringkat lima pada klasemen sementara dengan 36 poin juga dari 21 pertandingan.

Susunan pemain:
Persebaya Surabaya
Ernando Ari (PG), Koko Ari, Rizky Ridho, Riswan Lauhim, Alta Ballah, M Alwi Slamat (C), M Hidayat, Ze Valente, Saiful, Paulo Victor, Sho Yamamoto
Pelatih: Aji Santoso

Borneo FC (4-3-3)
Angga Saputro (PG), Julio Cesar, Agung Prasetyo, Abdul Rahman, Diego M (C), Kei Hirose, Adam Alis, Hendro Siswanto, Stefano Lilipaly, Pato, J Bustos.
Pelatih: Andre Santos

ANTARA

Berita Terbaru