Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

HUT Bumi Agung, Desa Harus Maju dan Sejahtera

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 04 Februari 2023 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau, Hendra Lesmana memberi apresiasi terkait kemajuan pembangunan di Desa Bumi Agung, Kecamatan Bulik. Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara Hari Jadi Desa Bumi Agung ke 29.

Orang nomor satu di Kabupaten Lamandau itu menyebut Desa Bumi Agung dari tahun ke tahun terus mengalami kemajuan pembangunan, hal tersebut tidak lepas dari peran serta semua pihak. Khususnya, masyarakat itu sendiri.

“Progres dan perkembangannya itu tentu dari masyarakat Desa Bumi Agung sendiri, dan kemajuan di desa akan bermuara pada kemajuan Kabupaten Lamandau ini,” sebut Bupati. Sabtu, 4 Februari 2023.

Bupati menjelaskan, setiap desa harus memiliki kemandirian. Pasalnya, seiring dengan perubahan regulasi yang mengatur tentang desa, saat ini desa tidak lagi hanya sebagai objek pembangunan pemerintah. Namun, lebih dari itu mempunyai peran penting sebagai subjek pembangunan yang mempunyai hak dan kewenangan mengatur urusan rumah tangganya sendiri.

“Regulsi yang ada menjadi peluang bagi desa untuk lebih sejahtera,” terangnya. Saat ini desa diberikan dana yang cukup besar untuk dikelola dan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat di setiap desa.

“Disinilah desa dituntut lebih mandiri dalam pengelolaanya, termasuk pertanggungjawabanya,” ucap bupati mengingatkan.

Besarnya anggaran yang dikelola oleh desa harus mampu dimanfaatkan sebagai stimulan bagi desa dan warga masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dan swadaya masyarakat desa.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses atas hari jadi Desa Bumi Agung yang ke 29, Saya doakan semoga semakin maju masyarakatnya, semakin sejahtera dan bertakwa,” harap Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga meresmikan kolam Pemancingan yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Turut hadir anggota DPRD Kabupaten Lamandau, unsur Forkopimcam, Camat Bulik, Kepala Desa dan tokoh masyarakat. (HENDI NURFALAH/R)

Berita Terbaru