Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Medan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala DPMD Kapuas: Pembentukan BUMDes Bersama Dilakukan Bertahap

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 Februari 2023 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan pembentukan Badan Usaha milik Desa atau Bumdes Bersama akan dilakukan secara bertahap.

Budi mengatakan sebagaimana Bumdes, pembentukan Bumdesma merupakan amanat peraturan peturan perundang-undangan. 

"Bumdesma ini merupakan gabungan dari beberapa unit Bumdes yang sudah ada, dengan kapasitas modal yang lebih besar daya jangkau dan spesifikasi usahanya pun lebih variatif," kata Budi, Sabtu, 4 Februari 2023.

Menurut dia Bumdes bersama ini dapat menjalankan usaha di bidang ekonomi, mengembangkan investasi dan produktivitas serta menyediakan jasa pelayanan.

"Misal membuka agen gas elpiji, Pertashop dan produk lain yang dikerjasamakan dengan BUMN, tetapi ini akan dilakukan bertahap," ucapnya.

Sehingga, lanjut dia dalam Rapat koordinasi teknis yang telah digelar pihaknya, juga mengundang Perum Bulog, untuk mendorong keberadaan Bumdes Bersama mendukung ketersediaan pangan dengan harga terjangkau, sebab Bumdes Bersama selain fungsi bisnis sekaligus fungsi sosial.

"Sebagai peran sebagai salah satu pelaku ekonomi skala desa bisa maksimal dan kehadirannya bisa memberi manfaat seluas-luasnya," jelasnya.

Dikatakannya, ini juga merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas mendorong penguatan ekonomi pedesaan,salah satunya melalui Bumdes Bersama yang mencakup beberapa desa sekaligus di kecamatan, sehingga menguatkan ekonomi lokal. (DODI RIZKIANSYAH/J)

Berita Terbaru