Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Harapan Pemkab Barito Timur atas Penyelenggaraan Pemilu 2024

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 Februari 2023 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kabupaten Barito Timur  berharap Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 mendatang berlangsung aman dan kondusif.

Harapan tersebut disampaikan Asisten II Sekda Barito Timur Amrullah, saat mewakili Bupati Ampera AY Mebas dalam pembukaan Bimbingan Teknis atau Bimtek bagi Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK di GPU Mantawara Tamiang Layang, Sabtu, 4 Februari 2023.

"Pada kesempatan ini saya mengajak masyarakat Barito Timur yang memenuhi syarat sebagai pemilih untuk mengecek dan memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih dan mari kita mensukseskan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 secara kondusif dan aman dengan menggunakan hak pilih di TPS nantinya pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024," kata Amrullah.

Kepada jajaran KPU, dia juga berharap agar dapat mengakomodir semua masyarakat Barito Timur yang memiliki hak pilih dengan memasukkan dalam daftar pemilih dan ditetapkan nanti dalam daftar pemilih tetap atau DPT.

Kemudian kepada Bawaslu Barito Timur juga dia meminta agar melakukan pengawasan secara melekat khususnya pada pelaksanaan penyusunan daftar pemilih untuk Pemilu 2024.

"Data pemilih merupakan salah satu penentu awal dalam kesuksesan penyelenggaraan Pemilu. Sebagaimana kita ketahui bahwa data pemilih merupakan data perseorangan dan atau data agregat penduduk yang terstruktur yang memenuhi persyaratan sebagai pemilih," jelas Amrullah.

Dia melanjutkan, pemilih adalah Warga Negara Indonesia atau WNI yang sudah genap berumur 17 tahun atau lebih serta sudah kawin atau sudah pernah kawin yang dibuktikan dengan KTP elektronik.

"Akibat dari mobilitas dan perubahan penduduk seperti meninggal dunia, bertambahnya usia dan menjadi atau pensiun dari TNI-Polri, maka KPU sebagai garda terdepan penyelenggara pemilu mau tidak mau akan menyusun kembali daftar pemilih yang digunakan untuk setiap penyelenggaraan Pemilu dalam hal ini untuk Pemilu 2024," ujar Amrullah.

Daftar pemilih itu tentu disusun secara komprehensif, akurat dan mutakhir dengan mengikutsertakan kementerian, lembaga, pemerintahan daerah serta pihak pihak terkait lain.

"Penyusunan daftar pemilih menggunakan sistem informasi data pemilih yang terintegrasi sehingga dari daftar pemilih ini nantinya akan tercipta DPT yang berkualitas dan akuntabel," tegasnya.

Menurut Amrullah Pemkab Barito Timur ikut mendorong secara aktif agar tahapan-tahapan Pemilu dapat mencerminkan bahwa kita semua betul-betul siap melaksanakan Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

"Tidak hanya dari sisi pelaksanaan tetapi juga dari sisi kondusivitas daerah yang solid dan didukung oleh partisipasi pemilih yang tinggi," jelasnya. (BOLE MALO/J) 

Berita Terbaru