Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

'Kopling' Kopi Keliling, Usaha Kecil Besutan Pemuda Kreatif Tumbuh di Terowongan Nur Mentaya

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 05 Februari 2023 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Cafe unik yang bisa berpindah-pindah tempat dengan mudah ini sering mangkal di Terowongan Nur Mentaya tepatnya di sebelah Polsek Baamang. Cafe besutan pemuda asal Tulungagung ini berjuluk 'Kopling' yang merupakan singkatan dari kopi keliling.

Berbekal ilmu barista dari tempatnya bekerja sebelumnya, Putra Artar pemilik Kopling, memulai usaha kecil kreatifnya sejak Desember 2022.

Tidak tanggung-tanggung, Putra merombak motornya dengan desain gerobak yang menarik. Gerobak kayu desain modern dibalut cat warna coklat tua. Bahkan sudah lengkap dengan beberapa peralatan barista seperti coffee grinder (penggiling kopi), rough espreso, kompor portable, teko, dan gas 3 kilogram yang tertutup gerobak kayu estetik.

Ia mengklaim telah menghabiskan dana kurang lebih Rp 9 juta untuk merombak motornya menjadi sebuah cafe keliling.

"Ini box gerobak habis Rp 700ribu. Yang paling mahal itu rough espreso harganya bervariasi kalau di Sampit Rp 4jutaan. Coffee grinder juga bermacam-macam harganya, ada yang dibawah Rp 1 juta hingga Rp 3jutaan. Kalau ditotal semuanya kurang lebih Rp 9juta," jelasnya.

Tidak hanya desain yang dibuat sangat unik, cita rasa kopinya pun sekelas cafe-cafe terkenal dengan bangunan permanen di Sampit. Dalam menunya tersedia 7 minuman olahan kopi yang dibanderol dengan harga Rp 10ribu hingga Rp 15ribu saja per gelasnya.

"Pelanggan bisa meminta non kafein, low kafein atau high kafein pada setiap menunya," kata Putra.

Menariknya lagi, desain gelas dalam penyajian kopi juga sangat diperhatikan Putra. Menurutnya kemasan adalah silent promotion, sehingga disematkannya logo Kopling pada gelas kopi plastik anti tumpah itu. Ia ingin masyarakat mengetahui kopi buatan Kopling hanya dengan melihat kemasannya.

Ia mengaku, selama 2 bulan membuka Kopling tidak terus menerus ramai. Ada kalanya hanya terjual 5 gelas, ada pula saatnya ramai. Disebutnya hari Kamis, Sabtu dan Minggu adalah hari paling ramai. Bahkan ketika tim Borneonews.co.id menyambangi Kopling, Minggu, 5 Februari 2023, pukul 21.48 WIB mendekati jam tutup masih banyak pelanggan mengantre. Kopling mulai membuka lapaknya pukul 15.00 hingga 22.00 WIB.

Putra menyebutkan kemandirian menjalankan usaha menjadi latar belakang munculnya gagasan usaha kreatif ini.

Berita Terbaru