Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tasikmalaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peringatan Dini Cuaca Barito Timur Hingga 7 Februari

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 05 Februari 2023 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG melalui Stasiun Meteorologi Sanggu Buntok menyampaikan peringatan dini cuaca untuk Kabupaten Barito Timur hingga 7 Februari 2023

Peringatan dini ini memuat data wilayah atau kecamatan yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu Nur Setiawan dalam rilis peringatan dini yang dikirim ke Borneonews.co.id menjelaskan pada Minggu, 5 Februari, kondisi cuaca yang berpotensi terjadi hujan di Kecamatan Awang, Benua Lima, Dusun Timur, Karusen Janang, Paju Epat dan Paku.

"Sedangkan pada Senin, 6 Februari, wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang adalah Kecamatan Awang, Benua Lima, Dusun Tengah, Dusun Timur, Karusen Janang, Paju Epat, Paku, Patangkep Tutui, Pematang Karau, Raren Batuah," paparnya dalam rilis yang dikirim, Minggu, 5 Februari 2023.

Kemudian pada Selasa, 7 Februari, tidak ada potensi hujan sedang hingga lebat di seluruh wilayah Barito Timur, namun bisa saja beberapa wilayah mengalami curah hujan dengan intensitas rendah.

Nur Setiawan berharap peringatan dini cuaca ini menjadi pedoman bagi masyarakat Barito Timur untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiap-siagaan dalam menghadapi risiko terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan juga angin kencang.

"Saat ini merupakan masa puncak musim hujan, masyarakat harus lebih berhati-hati, dahan dan ranting pohon yang rapuh harus dipangkas serta menguatkan tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang," pesannya. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru