Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala DPMD Kapuas Minta Kehadiran BUMDes Beri Manfaat Bagi Desa

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Februari 2023 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan mendorong kehadiran Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes dapat memberikan manfaat terhadap ekonomi di desa. Karena BUMDes memiliki fungsi sosial selain lembaga bisnis di desa.

"Ini yang kami dorong kerjasamanya, sehingga peran BUMDes ke depan sebagai salah satu aktor atau pelaku ekonomi di skala lokal di desa dan kehadirannya bisa memberikan manfaat," kata Budi, Minggu, 5 Februari 2023.

Mengingat ada 213 BUMDes di desa di wilayah Kabupaten Kapuas, yang mana potensinya perlu dimaksimalkan lagi ke depan.

"Karenanya kita harapkan BUMDes dapat berperan aktif dalam menggerakan perekonomian," harapnya.

Terlebih, lanjut dia saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pembentukan BUMDes Bersama (Bumdesma), yang akan dilakukan secara bertahap. Karena Bumdesma merupakan amanat peraturan peturan perundang-undangan. 

"Bumdesma ini merupakan gabungan dari beberapa unit bumdes yang sudah ada, dengan kapasitas modal yang lebih besar daya jangkau dan spesifikasi usahanyapun lebih variatif," ucapnya.

Bumdes bersama ini dapat menjalankan usaha di bidang ekonomi, mengembangkan investasi dan produktivitas serta menyediakan jasa pelayanan.

"Misal membuka agen gas elpiji, Pertashop dan produk lain yang dikerjasamakan dengan BUMN," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/H)

Berita Terbaru