Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Varian Kraken Belum Terbukti Menimbulkan Penyakit Parah Covid-19

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 Februari 2023 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Varian Kraken atau Subvarian Omicron XBB 1.5 dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai bentuk Omicron yang paling mudah menular.

“Meski begitu, WHO juga menyatakan tidak ada bukti ilmiah bahwa Kraken ini menimbulkan penyakit lebih parah. Tentu ini masih fase-fase awal kemunculannya dan kita lihat perkembangannya di waktu mendatang,” kata mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Tjandra Yoga Aditama.

Namun perkembangan Omicron Kraken perlu diwaspadai. Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam penanganannya.

Pertama, mendeteksi adanya kemungkinan kasus, artinya dengan test PCR dan pemeriksaan Whole Genome Sequencing. Kedua, melakukan pelacakan kontak secara intensif, apalagi karena ini memang lebih mudah menular.

“Ketiga, mengupayakan ketersediaan vaksin bivalen. Artinya vaksin yang dapat untuk varian lama dan juga Omicron bagi masyarakat. Sambil nanti secara ilmiah dinilai kembali efektifitas vaksin kalau-kalau akan ada varian atau sub varian berikutnya di waktu-waktu mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, Minggu 5 Februari, kasus konfirmasi Covid-19, jumlah pasien sembuh dan jumlah pasien meninggal dunia tidak mengalami penambahan.

Secara kumulatif, total kasus konfirmasi covid-19 berjumlah 60.429 kasus, pasien sembuh 58.665 orang, dan pasien meninggal dunia 1.738 orang. (HERMAWAN DP)

Berita Terbaru