Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

197 Mata Air di Kudus Dikirab untuk Perkenalkan Kekayaan Mata Air

  • Oleh ANTARA
  • 05 Februari 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Kudus - Sebanyak 197 sumber mata air yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu dikirab dari Alun-alun Kudus, Jawa Tengah, menuju Masjid Menara Kudus untuk memperkenalkan kekayaan sumber mata air setempat.

Kirab puluhan sumber mata air yang merupakan rangkaian Hari Jadi ke-488 Menara Kudus tidak hanya diikuti masyarakat umum, melainkan pengelola sumber mata air, serta kirab pasukan infanteri era Sunan Kudus yang di dalamnya ada bergodo kasunanan atau genderang juga ikut hadir.

Setelah sampai di kompleks Masjid Menara Kudus, selanjutnya air yang dikirab dimasukkan ke dalam gentong yang sudah disediakan oleh panitia kirab.

"Penyatuan berbagai mata air diiringi khataman Alquran kolosal 19 kali dan didoakan oleh ulama setempat pada Sabtu (4/2) malam," kata Steering Committee Perayaan Ta'sis Masjid Al-Aqsha Menara Kudus Abdul Djalil di Kudus, Minggu.

Ia mengungkapkan penentuan 197 sumber mata air diambilkan dari sejarah hari jadi (taksis) Masjid Al-Aqsha Menara Kudus yang didirikan pada 19 Rajab atau bulan ke-7.

Kirab mata air tahun ini, kata dia, perbedaannya terletak pada adanya bergodo karena tahun-tahun sebelumnya tidak ada.

Usai kirab, air dari berbagai sumber mata air, kemudian dikembalikan kepada masing-masing gentong yang menjadi peserta kirab untuk dibagikan kepada masyarakat luas.

Masyarakat dari berbagai daerah yang kebetulan berziarah ke Makam Sunan Kudus juga ikut berebut mendapatkan air yang berasal dari berbagai sumber mata air itu.

ANTARA

Berita Terbaru