Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Survei Indometer: Elektabilitas Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo, Anies

  • Oleh ANTARA
  • 05 Februari 2023 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Hasil survei yang dilakukan Indometer mengungkapkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih mengungguli eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Temuan survei yang dilakukan Indometer menunjukkan Ganjar mengokohkan diri pada peringkat pertama dengan elektabilitas mencapai 25,1 persen," kata Direktur Eksekutif lembaga survei Indometer Leonard SB melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Di peringkat kedua Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memperoleh elektabilitas sebesar 21,5 persen disusul Anies Baswedan 20,2 persen atau terpaut tipis dari elektabilitas Prabowo.

Ia memperkirakan apabila tren kenaikan elektabilitas berlanjut, maka Anies berpeluang menggeser Prabowo dan berhadap-hadapan dengan Ganjar.

Menurut Leonard, elektabilitas ketiga nama yang digadang-gadang maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tersebut sama-sama di kisaran 20 persen dengan tren kenaikan dialami Ganjar dan Anies. Sementara elektabilitas Prabowo cenderung stabil dan belum menunjukkan tanda-tanda kenaikan signifikan.

"Meskipun kuat, tetapi publik masih menunggu deklarasi koalisi Gerindra-PKB untuk mengusung Prabowo," lanjut Leonard.

Setelah beberapa bulan terbentuk, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya tak kunjung memutuskan siapa pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung.

Gerindra, sambung dia, hampir dipastikan akan mengusung Prabowo sebagai capres namun pilihan cawapres belum diputuskan. Di satu sisi, PKB juga bersikeras mengajukan ketua umumnya yakni Muhaimin Iskandar.

Di sisi lain, Anies Baswedan secara formal telah mendapatkan dukungan dari tiga partai yaitu NasDem, Demokrat dan PKS. Di atas kertas Anies berhasil mengamankan tiket pencapresan di atas ambang batas pencalonan presiden 20 persen.

"Namun publik juga masih menunggu progres Koalisi Perubahan, khususnya dinamika soal figur cawapres pendamping Anies," kata dia.

Sedangkan Ganjar masih harus bersaing di internal PDIP yang dinilainya condong mengusung Puan Maharani. Isu bakal ada kejutan saat HUT PDIP Ke-50 juga tidak terbukti meskipun Megawati disebut-sebut sudah mengantongi nama capres.

Berita Terbaru