Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Barut Kembali Ingatkan Warga Agar Waspada Bencana Banjir

  • Oleh Ramadani
  • 06 Februari 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Anggota DPRD Barito Utara, Karianto Saman kembali mengingatkan masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Utara, khususnya bagi warga yang tinggal di bantaran sungai agar waspada terhadap bencana banjir.

Sebelumnya, imbauan tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD, H Surianor yang juga mengingatkan warga tetap waspada terhadap bahaya banjir.

Itu disampaikan karena intensitas curah hujan cukup tinggi beberapa hari terakhir ini, sehingga ada kenaikan debit air di DAS Barito dan dikhawatirkan bisa meluap hingga terjadi banjir.

“Untuk itu, saya kembali mengimbau dan mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Barito Utara khususnya yang tinggal di bantaran atau di tepian sungai Barito untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap musibah banjir yang saat ini sedang melanda,” katanya, Senin, 6 Februari 2023.

Karianto juga menyampaikan bahwa setiap ada kegiatan kunjungan kerja DPRD Barito Utara ke setiap desa selalu menyampaikan ke warga agar waspada ketika musim hujan turun, apalagi bagi warga yang bermukim di dataran rendah rawan luapan air sungai.

"Ada beberapa tempat yang rawan terhadap luapan air ketika musim hujan turun, seperti di wilayah Benao, Montallat di DAS Barito serta desa yang ada di hulu sungai Lahei di wilayah Kecamatan Lahei maupun di hulu sungai Teweh, baik di wilayah Kecamatan Gunung Purei maupun Benangin wilayah Kecamatan Teweh Timur," kata politisi PDI Perjuangan Barito Utara ini.

Selain itu, jelasnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga perlu upaya preventif seperti sosialisasi ke masyarakat secara langsung, supaya ada pengetahuan bagi warga tentang cara penanganan awal antisipasi bencana.

Seperti diketahui, Kabupaten Barito Utara merupakan daerah yang memang sangat besar potensi kekayaan alamnya, seperti pertambangan, perkebunan dan lain-lainnya. Namun dari sisi negatifnya, juga termasuk daerah rawan bencana.

"Seperti bencana kebakaran lahan dan rumah, bencana banjir seperti tingginya curah hujan sehingga meluapnya sungai Barito, dan juga bencana tanah longsor sudah sangat sering dan kerap terjadi di setiap tahun nya," terang Karianto lagi.

Selain waspada terhadap banjir, Karianto juga berharap kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap api, karena api salah satu faktor terjadinya bencana kebakaran. Apalagi di Kabupaten Barito Utara, baru-baru kemarin terjadinya kebakaran di Kelurahan Lahei II, menghanguskan bangunan rumah warga.

“Jika terjadi kebakaran seperti yang di Kecamatan Lahei, saya berharap agar warga secepatnya bisa melaporkan atau menghubungi kepada Dinas terkait seperti pemadam kebakaran dan BPBD supaya bencana kebakaran bisa segera ditanggulangi,” kata Karianto. (RAMADHANI/Y)

Berita Terbaru