Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diguyur Hujan Lebat Selama 12 Jam, Sebagian Kota Ampah Terendam

  • 26 Februari 2016 - 18:29 WIB

HUJAN deras  yang berlangsung kuranglebih 12 jam  mengakibatkan Sungai Sirauyang berada di Kecamatan Dusun Tengah  meluap. Dan, warga kota  Ampah dilanda bencanabanjir. Warga Ampah yang terkena musibah banjir tersebut adalah warga yangtinggal di bantaran sungai tersebut.

Selain rumah warga, sejumlah saranapendidikan/ sekolah dan pustu ikut terendam hingga ketinggian 50 Cm.  Sekolah yang terendam diantaranya  Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Ampah, SDN 7Pusung Telang, SDN Putai 2,  Taman Kanak-kanak (TK Islam), MTSN danMadrasah Ibtidaiayah Negeri (MIN) jumat, (26/2).

Luapan  Sungai Sirau tersebut merendamratusan rumah warga dan sejumlah sekolah. Akibatnya aktivitas belajar mengajarterpaksa diliburkan lantaran sarana sekolah terendam.

Dari pantauan Borneonews,  permukiman warga yang berada di bantaranSungai Sirau tersebut di antaranya kawasan  Montaliua dan  Rangen .

Kepala Sekolah SDN 2 Putai Fatmawati Gintermengatakan, meluapnya Sungai Sirau lantaran hujan yang cukup deras danberlangsung lama sekitar kurang lebih 12 jam. Hujan yang turun tersebut sejakmalam hingga siang ini.   'Akibathujan deras yang berlangsung semalaman di wilayah ini sekolah kami yang takjauh dari sungai terpaksa diliburkan lantaran air sempat masuk dalam ruangansekolah,'ucapnya.

Terpisah, salah satu warga yang terkenamusibah banjir yakni Warga Rangen Subahanor (40 Tahun) mengatakan,pihaknya  saat ini melakukan evakuasi sendiri untuk menyelamatkan sejumlahbarang berharga seperti surat berharga, barang-barang elektronik, sepeda motor,perabot tempat tidur dan sejumlah barang lainnya.

'Kami melakukan pemindahan barang ini lantaran takut debit air semakinmeninggi, saat ini saja debit air diperkirakan sekitar 50 centimeter,'tuturnya. (amar/*)

Berita Terbaru