Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemda Diminta Perhatikan Lalu Lintas Perairan di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 07 Februari 2023 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Aktivitas perairan di wilayah Kalteng memiliki peranan penting, terutama dalam peningkatan ekonomi daerah. Sebab, jalur air atau sungai kerap dijadikan akses utama pengangkutan sumber daya alam (SDA), seperti batu bara dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Ketua Komisi IV DPRD Kalteng, Sriosako meminta agar pemda supaya lebih memperhatikan lalu lintas perairan di Kalteng. Pasalnya, belum lama ini, kembali terjadi kecelakan di mana tongkang pengangkut batu bara menabrak Fender Jembatan Kalahien di Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

“Namanya lalu lintas, baik di air maupun di darat pasti ada risiko kecelakaan. Kejadian seperti ini juga pernah terjadi sebelumnya. Untuk itu, perhatian dari pemerintah daerah diperlukan, sehingga kejadian seperti itu tidak terjadi lagi dikemudian hari," ucapnya, Selasa, 7 Februari 2023.

Sako mengatakan, pemerintah harus dapat membentuk aturan atau regulasi untuk mengatur lalu lintas perairan terutama bagi kapal-kapal pengangkut. Mulai dari ukuran hingga kapasitas kapal dalam rangka mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

"Kita tidak bisa melarang kapal tongkang itu untuk melintas. Tapi paling tidak ada aturan atau regulasi yang mengatur untuk mengurangi risiko. Misalnya, berapa ukuran kapal atau kapasitas yang aman, atau apabila ada kenaikan air yang bisa menyebabkan resiko, sebaiknya jangan dilewati dahulu," tuturnya.

Sebelumnya, Fender Jembatan Kalahien yang menghubungkan wilayah Palangka Raya, Kapuas dan Barsel mengalami rusak parah akibat benturan Kapal Tongkang Sokawati 303 yang bermuatan 1.300 metrik ton baru bara, ditarik menggunakan kapal tugboat dari Kabupaten Barito Utara.

Diduga arus sungai yang kuat mengakibatkan kapal tidak kuat menarik tongkang, sehingga tabrakan tidak bisa terhindarkan dan Fender Jembatan Kalahien mengalami rusak parah. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru