Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hidayat Nur Wahid dan PKS Jatim Apresiasi Peran NU untuk NKRI

  • Oleh ANTARA
  • 08 Februari 2023 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Sidoarjo - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid bersama dengan Ketua PKS Jawa Timur Irwan Setiawan mengapresiasi peran Nahdlatul Ulama (NU) untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ini terbukti dengan diundangnya para ulama di kancah internasional yang membahas tentang fiqih peradaban," kata Hidayat di sela menghadiri resepsi hari lahir Nahdlatul Ulama di Stadion Gelora Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa.

Ia menyampaikan kegiatan perayaan 1 Abad NU ini membuat semua masyarakat melihat bahwa Nahdlatul Ulama menghadirkan kebangkitan para ulama yang mengundang apresiasi dari banyak pihak, baik pemerintah maupun masyarakat umum, bahkan pujian dari tokoh-tokoh internasional.

"Ini menandakan bahwa kebangkitan ulama yang dicanangkan KH Hasyim Asyari, KH Wahab Hasbullah ternyata diwujudkan, dan kita bisa menikmati salah satu hasilnya," kata pria yang juga menjadi Wakil Ketua Majelis Syuro PKS itu.

Ia menyebut Nahdlatul Ulama tak hanya berhasil mengumpulkan ulama, namun juga membangkitkan semangat umat.

"Kita bisa melihat bagaimana masyarakat berbondong-bondong datang ke tempat ini meskipun berasal dari tempat yang jauh, masya Allah. Bangkitnya ulama selalu disertai dengan kebangkitan umatnya," katanya.

Hidayat menegaskan bahwa NU adalah gerakan yang selalu menghadirkan nuansa Islam yang rahmatan lilalamin, yang sejuk dan bisa diterima siapa saja.

Ketua PKS Jawa Timur Irwan Setiawan mengatakan antusias masyarakat Indonesia dalam menghadiri kegiatan ini sangat bisa dipahami karena melihat peran Nahdlatul Ulama sangat luar biasa dalam membangun bangsa Indonesia, termasuk di Jawa Timur.

"Karenanya saya mengajak seluruh pengurus dan anggota PKS di seluruh Jawa Timur untuk meneladani kiprah perjuangan para kiai yang banyak berkontribusi untuk Indonesia," katanya.

Ia juga meminta agar seluruh anggota PKS terus berjuang berkiprah membangun Jawa Timur menjaga aqidah ahlussunnah wal jamaah dan NKRI.

Berita Terbaru