Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perencanaan Anggaran Harus Sesuai RPJMD

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Februari 2023 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo mengingatkan dalam perencanaan anggaran perlu mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

 “Seiring dengan struktur APBD yang diresmikan tahun 2023 mencapai Rp.6,7 triliun, harus membuat suatu perencanaan yang sesuai dengan RPJMD,” ungkapnya, Rabu, 8 Februari 2023.

Ia menerangkan mekanisme biasanya dalam menyusun sebuah perencanaan ketika dituangkan dalam APBD tahapannya sudah jelas.

“Kalau di kabupaten/kota melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat desa, kecamatan, forum gabungan, serta ada juga Musrenbang di tingkat kabupaten dan  tingkat provinsi yang tujuannya menyelaraskan dan mengkolaborasikan,” imbuhnya.

Edy mengungkapkan evaluasi APBD kabupaten dan Kota perlu dilakukan karena ada menyangkut program tahun 2023 yang berkolaborasi dengan kabupaten dan kota terkait ketahanan pangan.

“Ini semua  tidak juga menjadi hal yang saya kira harus mengubah dan sebagainya, ada proses yang bisa kita lakukan melalui perubahan anggaran,” ungkapnya. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru