Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan: Warga Perlu Diedukasi Sukseskan PTSL

  • Oleh Hendri
  • 09 Februari 2023 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Palangka Raya, Jhony Arianto S Putra  mengatakan, masyarakat perlu mendapatkan edukasi agar bisa ikut serta mensukseskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Sosialisasi dan edukasi harus dilakukan dengan baik dan intens serta harus banyak melakukan pendekatan sosio-kultural," katanya, Kamis, 9 Februari 2023.

Selain sosialisasi dan edukasi, lanjut Politisi fraksi Partai Nasdem ini, BPN bersama pemerintah kota juga bisa memberikan bantuan berupa insentif atau keringanan biaya ketika masyarakat ingin mendaftarkan tanah atau lahannya.

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan.

Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat. Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN.

Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat mulai sandang, pangan dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

PTSL yang populer dengan istilah sertifikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat dapat menjadikan  dasar hukum tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya. (HENDRI/R)

Berita Terbaru