Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ini Dukung Kepala Daerah Perjuangkan Realisasi Plasma 20 Persen

  • Oleh Donny Damara
  • 09 Februari 2023 - 12:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Fajar Hariadi sangat mendukung upaya kepala daerah untuk memperjuangkan realisasi plasma 20 persen dari perusahaan untuk masyarakat lokal.

Seperti yang dilakukan oleh Bupati Kabupaten Seruyan, Yulhaidir. Di mana kepala daerah itu berupaya memperjuangkan 20 persen ketersediaan lahan untuk masyarakat dari setiap pelepasan kawasan hutan yang di berikan kepada perusahaan.

"Tentu kita sangat mendukung langkah Bupati Seruyan yang tetap terus memperjuangkan hak-hak masyarakat lokal khususnya di seruyan berkaitan dengan plasma tersebut," kata Fajar, Kamis, 9 Februari 2023.

Anggota Komisi II DPRD Kalteng ini menjelaskan sebagai konsekuensi dari setiap pelepasan kawasan harus ada lahan pengganti atau tukar menukar kawasan hutan (TMKH).

Pasalnya, selama ini sering terjadi polemik di mana lahan masyarakat yang sudah dikelola secara turun menurun ditetapkan menjadi kawasan hutan sebagai lahan pengganti kawasan hutan yang dilepaskan untuk perusahaan.

"Persoalan itu tentu apabila tidak diperjuangkan maka akan mencederai keadilan yang bertentangan dengan program Land Reform atau TORA yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo," ujarnya.

Terlepas dari itu, berkaitan dengan hal tersebut penting juga untuk diperhatikan yakni percepatan penyelesaian tata ruang wilayah provinsi (RTRWP) Kakteng khususnya untuk sektor perkebunan.

"Harapan kita tidak hanya Kabupaten Seruyan, kepala daerah lain juga khususnya di Kalteng wajib untuk tetap memperjuangkan 20 persen plasma dari perusahaan untuk masyarkat, dan perusahaan pun harus memperhatikan hal tersebut," tukasnya. (DONNY D/R)

Berita Terbaru