Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Besok Diprediksi Hujan Sedang Hingga Lebat pada 10 Kecamatan di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Februari 2023 - 18:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG melalui Stasiun Meteorologi Sanggu Buntok merilis peringatan dini cuaca Kabupaten Barito Timur untuk 3 hari ke depan hingga tanggal 14 Februari 2023.

Rilis ini memuat data wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang.

"Untuk besok Minggu, tanggal 12 Februari potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang terjadi di seluruh kecamatan yakni Kecamatan Pematang Karau, Raren Batuah,Dusun Tengah, Paku, Karusen Janang, Paju Epat, Awang, Patangkep Tutui, Benua Lima dan Kecamatan Dusun Timur," ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu Nur Setiawan dalam rilis yang diterima Borneonews, Sabtu, 11 Februari 2023.

Sedangkan pada hari Senin, 13 Februari, pontensi cuaca yang sama nihil pada seluruh wilayah Barito Timur. Meski demikian bisa saja beberapa wilayah mengalami curah hujan dengan intensitas rendah.

"Selanjutnya cuaca hari Selasa, tanggal 14 Februari pontensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang juga terjadi di seluruh kecamatan yang ada di Barito Timur," tambah Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu.

Dia berharap peringatan dini cuaca ini menjadi pedoman bagi masyarakat Barito Timur untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiap-siagaan dalam menghadapi risiko terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan juga angin kencang.

"Bulan Januari dan Februari merupakan masa puncak musim hujan di Barito Timur, karena itu masyarakat harus lebih berhati-hati dan mengantisipasi perubahan cuaca sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," pesan Nur Setiawan. (BOLE MALO/R)


TAGS:

Berita Terbaru