Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gorontalo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Rusak Parah, Warga Dusun Katambung Minta Perhatian Pemerintah

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 12 Februari 2023 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Warga Dusun Katambung, Desa Haringen, Kabupaten Barito Timur, minta pemerintah agar segera memperbaiki jalan yang rusak di wilayah mereka. Karena merupakan satu-satunya akses warga setempat.

"Paling tidak ditimbun saja dulu, dan dibuatkan drainasenya agar tidak ada genangan. Namun yang pasti kami sangat berharap bisa diaspal," pinta warga Dusun Katambung Supri (27), Minggu, 12 Februari 2023.

Ia menjelaskan, kondisi jalan tersebut saat ini rusak dan membentuk lubang-lubang atau kubangan akibat air yang mengalir melalui badan jalan. Hal itu terjadi karena tidak ada parit di kiri-kanan yang berfungsi mengalirkan air hujan agar tidak naik ke jalan.

"Kayaknya jalan ini memang belum pernah terjamah perbaikan dari pemerintah. Ini rencananya dulu untuk jalan tembusan ke Desa Janah Jari, tapi karena ada jalan yang baru akhirnya ditinggalkan," ungkapnya.

Panjang jalan yang dimaksud Supri sebenarnya cuma sekitar 1 kilometer dari batas jalan beraspal serta tembus ke jalan hauling batubara, namun mereka tidak memiliki pilihan lain untuk keluar masuk kampung sekalipun jalan itu dalam kondisi rusak.

Dia mengisahkan, bila musim hujan tiba seperti sekarang, jalan yang terletak di RT 05 itu sangat licin karena berlumpur. Selain itu, akibat bertahun-tahun dibiarkan dalam kondisi rusak dan membentuk banyak titik kubangan, warga pun mengalami kesulitan saat mengangkut hasil kebun.

"Biasanya masyarakat menimbun sendiri jalan secara swadaya dan meminta bantuan perusahaan," ungkap Supri. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru