Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Katingan Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Februari 2023 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan mulai menggelar musyawarah perencanaan pembangunan atau Musrenbang  tingkat kecamatan yang dimulai, Senin hari ini, Senin, 13 Februari 2023.

Musrenbang tingkat kecamatan ini dibagi tiga zona, yakni Selatan atau hilir, kemudian tengah dan Utara atau hulu.

Bupati Katingan Sakariyas memimpin musrenbang di wilayah hulu, sementara Sekda Katingan Pransang memimpin musrenbang di bagian tengah, meliputi Kecanatan Katingan Hilir, Tewang Sanggalang Garing dan Pulau Malan.

Hari ini Sekda Pransang memimpin misrenbang di Kecamatan Katingan Hilir. Seluruh kepala desa dan lurah di wilayah kecamatan ini hadir. Pun demikian sejumlah anggota DPRD Katingan dapil I juga turut berhadir. Lainnya ada sejumlah kepala OPD (organisasi perangkat daerah) maupun perwakilannya serta undangan lainnya.

Sekda Pransang yang didampangi Camat Katingan Hilir Donny Meriyanto dan Ketua DPRD Katingan Marwan Susanto pada kesempatan ini mengatakan bahwa musrenbang RKPD di kecamatan yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu tahapan proses perencanaan pembangunan sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 25 tahun 2014 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

"Esensi dari pelaksanaan musrenbang ditingkat kecamatan ini adalah kesempatan antara pemangku kepentingan di wilayah kecamatan untuk menghasilkan daftar usulan kegiatan prioritas," ujarnya.

Oleh sebab itu, kegiatan ini sangat penting dan strategis karena disamping untuk menjaring aspirasi atau usulan masyarakat di wilayah kecamatan.

Hal ini juga, kata Sekda untuk menghasilkan kesepakatan yang sangat penting dalam penentuan usulan prioritas kecamatan sebagai bahan bagi perangkat daerah dalam penyusunan Renja perangkat daerah dan tentunya sebagai bahan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) 2024. (ABDUL GOFUR/R)

Berita Terbaru