Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indra Sjafri: Perlu Regenerasi Pemain agar Indonesia Masuk Piala Dunia

  • Oleh ANTARA
  • 14 Februari 2023 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan perlunya regenerasi pemain sepak bola agar Tim Nasional Indonesia bisa berlaga di kompetisi teratas yaitu Piala Dunia.

Indra Sjafri mengatakan di Jakarta, Senin, bahwa kualitas pemain sepak bola Indonesia yang ada saat ini dinilai belum cukup kuat untuk bisa membawa Indonesia berlaga di Piala Dunia.

"Pemain yang ada saat ini dirasa tidak mampu membawa Indonesia ke Piala Dunia. Oleh sebab itu perlu generasi pesepak bola baru yang jauh lebih berkualitas," kata mantan pelatih Timnas Indonesia tersebut.

Dia berpendapat, upaya menjaring talenta-talenta pesepak bola muda ke 34 provinsi sekalipun dirasa belum cukup untuk memenuhi kualitas yang dibutuhkan agar Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia.

Indra Sjafri mengaku sudah mengetahui permasalahan terkait kualitas pemain Indonesia, yang menurutnya ada pada infrastruktur sarana dan prasaran serta manajemen kepelatihan di seluruh daerah Indonesia.

Dia menyebut terdapat lima pilar upaya pengembangan sepak bola nasional yaitu infrastruktur, kurikulum, SDM, pengembangan pemain, dan kompetisi.

Dia menyampaikan banyak pandangan yang dinilai keliru melihat berjalannya kompetisi sebagai upaya pengembangan sepak bola nasional, padahal hal itu merupakan pilar terakhir. Sebelumnya, kata dia, perlu ada penggodokan bibit-bibit pemain yang didukung oleh program pengembangan dari berbagai aspek.

"Sepak bola bidang tidak bisa lagi dikelola dengan cara konvensional, keterlibatan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan sport science mutlak dilakukan," katanya.

Menurut dia, perlu adanya data penunjang para pemain sepak bola nasional untuk tujuan peningkatan kualitas. Hal ini, lanjutnya, telah dilakukan oleh negara-negara peringkat satu sampai 20 di FIFA.

Federasi sepakbola di negara-negara tersebut, kata dia, bertukar informasi dan data terkait olahraga khususnya sepak bola dengan perguruan tinggi dan kementerian olahraga dengan tujuan pengembangan para pemain.

Berita Terbaru