Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Kaji Tiru Kepariwisataan di Singkawang

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 14 Februari 2023 - 10:44 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dalam upaya meningkatkan kualitas  kepariwisataan, ekonomi kreatif dan kebudayaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat.

Sekretaris Daerah Muhamad Irwansyah, yang mewakili Bupati Lamandau Hendra Lesmana, bersama 9 Kepala OPD lingkup Pemkab Lamandau juga  berkesempatan menghadiri dan menyaksikan kemeriahan Festival Cap Go Meh di Kota berjuluk Seribu Kelenteng itu.

“Iya, kita ke kota Singkawang dalam rangka kaji tiru pelaksanaan event kepariwisataan. Kita menghadiri dan menyaksikan puncak acara festival Cap Go Meh, dimana Even tersebut juga masuk Kharisma Even Nusantar (KEN) di tahun 2023,” ungkap M Irwansyah, saat dikonfirmasi pada Selasa, 14 Februari 2023.

Irwansyah menyebut, Lamandau memiliki kedekatan secara kultur budaya yang mirip sama sama diangkat dari sebuah kepercayaan masyarakat dan salah satu suku.

“Dalam kunjungan tersebut, kami juga bersilaturahmi dengan Pemkot Singkawang dan berdiskusi secara teknis bagaimana festival tersebut menjadi daya tarik dunia internasional dan melibatan masyarakat serta multyplyer effect terhadap UMKM dan ekonomi secara masyarakat secara umum,” jelasnya.

Melalui kegiatan kaji tiru kepariwisataan tersebut, Irwansyah berharap kedepan dapat diimplementasikan di Lamandau, guna perwujudan pengembangan kepariwisataan yang muaranya untuk peningkatan perekonomian masyarakat secara umum.

“Kita terus berupaya meningkatkan kualitas pariwisata yang Kita miliki, dan Singkawang salah satu Kota yang sudah maju di bidang itu (pariwisata),” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Singkawang Heri Apriadi menyampaikan, Kota Singkawang merupakan kota yang selalu menjadi tujuan wisata tidak saja dari wilayah kalimantan tetapi juga dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan Internasional.

“Hal ini tidak terlepas dari tingginya sikap toleransi di tengah masyarakat,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru